5 Langkah Aman Dalam Memilih Investasi Apartemen.

16-07-2019 POSTED BY

Ketika berbicara tentang investasi properti, salah satu jenis properti yang saat ini banyak dilirik oleh para investor adalah apartemen. Apartemen merupakan hunian memiliki konsep vertikal yang saat ini mulai digandrungi masyarakat perkotaan. Perawatan yang mudah dan akses ke berbagai lokasi strategis tengah kota menjadi alasan utama mengapa mereka memilih apartemen.

Investasi apartemen adalah salah satu investasi yang paling menguntungkan di tahun 2019. Mengapa investasi ini menguntungkan? seiring dengan menggilanya harga rumah tapak apartemen bisa menjadi alternatif bagi para seseorang yang mendapatkan hunian dengan harga yang lebih terjangkau.

Berbeda dengan kendaraan yang harga jualnya menyusut, harga jual apartemen justru terus meningkat. Salah satu faktornya meningkatnya harga apartemen adalah akses lokasi dan fasilitas yang ditawarkan oleh pengembang kepada customer. 

Prospek investasi apartemen memang sangat menjanjikan dan jadi pilihan favorit kalangan menengah ke atas untuk berbisnis property. Dengan konsep hunian vertikalnya apartemen tidak hanya digunakan sebagai tempat tinggal saja melainkan bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan investasi, dengan membeli banyak unit kemudian bisa disewakan kembali.

Namun, sama seperti jenis investasi lain, properti semacam apartemen juga memiliki risiko. Jika tidak mempunyai strategi yang baik, Nah untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya resiko berikut ada  5 langkah aman yang bisa anda jadikan pedoman jika memilih investasi apartemen

 

1. Cermat dalam memilih lokasi 

Pertama yang harus anda perhatikan ketika memulai investasi apartemen adalah lokasi, tanpa mengenyampingkan kualitas dan fasilitas apartemen, lokasi menjadi hal wajib ketika hendak memulai investasi di dunia properti entah itu rumah, pertokoan tak terkecuali apartemen.

Biasanya apartemen dibangun di lokasi yang strategis semisal dekat dengan fasilitas dan sarana umum (stasiun, rumah sakit, jalan tol, sekolah). Developer properti biasanya memilih lokasi berdasarkan dua jenis area dalam membangun sebuah apartemen  yakni prime area dan non prime area, misal di jawa barat prime area yang dimaksud adalah lokasi apartemen yang dekat dengan kawasan industri seperti Karawang dan bekasi.

Sedangkan untuk non-prime area adalah lokasi baru yang masih belum banyak pembangunan contohnya seperti kawasan Kertajati aerocity Majalengka, namun beberapa kedepan diprediksi akan menjadi kawasan bisnis center yang memiliki nilai investasi tinggi.

Yang membedakan keduanya adalah faktor Cap Rate ( Capitalization Rate) prime area lebih tinggi dibandingkan non prime area hal ini juga mempengaruhi harga dan nilai properti.  

 

2. Perhatikan Fasilitas yang disediakan 

Hal yang perlu anda perhatikan selanjutnya adalah fasilitas. Fasilitas dapat mempengaruhi ketertarikan konsumen terhadap apartemen yang akan anda sewakan nantinya. selain itu fasilitas yang lengkap biasanya memiliki nilai jual yang lebih dibandingkan dengan apartemen dengan fasilitas ala kadarnya. beberapa fasilitas yang biasa di tawarkan dan wajib dimiliki apartemen adalah. 

- Area parkir yang luas (min perbandingan 1:2).
- Sistem keamanan yang ketat seperti  (cctv,one gate system, acces card, alat pemadam api).
- Internet / wifi dengan koneksi super cepat.
- Lift. 

 

3. Cermat dalam membidik target pasar 

Selanjutnya anda harus jeli dalam memilih target pasar. Apartemen yang akan anda investasikan harus disesuaikan dengan target pasar yang ingin di bidik, sebagai contoh misalkan apartemen anda berada di area kampus yang mayoritas adalah mahasiswa. Maka harga sewa yang anda tentukan harus sesuai dengan kemampuan seorang penyewa dalam hal ini mahasiswa, jika terlalu mahal hal ini akan berdampak buruk terhadap unit apartemen yang anda investasikan.  


4. Status lahan

Perhatikan pula status lahan dari pengembang ketika anda ingin berinvestasi apartemen, pastikan anda membeli apartemen di lahan yang sudah memiliki surat izin mendirikan bangunan (IMB).

Dan juga Lahan yang dikelola harus benar benar milik pengembang (bukan memiliki status build, operate, transfer atau BOT). Apa itu BOT? BOT atau kepanjangan dari Build Operate and Transfer adalah status dimana aset merupakan milik pemerintah dan dikelola oleh swasta selama jangka waktu tertentu yang sudah disepakati jika masa perjanjian habis maka pemerintah berhak mengambil alih lahan tersebut.

 

5. Pilih pengembang properti terpercaya

Terakhir yang perlu anda perhatikan adalah cari tahu reputasi pengembang apartemen yang akan anda jadikan investasi, pastikan si pengembang memiliki track record yang bagus ketika membangun proyek apartemen apalagi apartemen yang anda beli masih dalam tahap pembangunan. bagaimana kita mengetahuinya? anda bisa mencari tahu lewat internet. Lihat kredibilitas, legalitas maupun komitmen yang mereka janjikan dalam mewujudkan pembangunannya .

Berbicara soal pengembang, salah satu pengembang properti ternama di indonesia yakni PP properti saat ini sedang mengembang sebuah proyek apartemen di Majalengka Jawa Barat. Proyek tersebut bernama Grand Anila Apartment, apartemen ini adalah satu satunya apartemen yang dibangun di kawasan Kertajati aerocity development pertama di Indonesia. 

Apa itu Kertajati aerocity development?  Kertajati aerocity development merupakan kawasan yang berfungsi untuk mendukung kawasan Bandara International Jawa Barat (BIJB). Untuk info lebih lanjut mengenai  Grand Anila Apartment bisa menghubungi lewat whatsapp di bit.ly/infoanila